PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
|
NO
|
JENIS
|
SUDAH DILAKSANAKAN
|
AKAN DILAKSANAKAN
|
1
| Standar Isi |
- Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan KTSP
- Melibatkan TIM penyusun KTSP
- Pengaturan beban belajar
- Penentuan KKM
- Penyusunan Kalender Pendidikan
- Mata Pelajaran Muatan Lokal
- Kegiatan Ekstrakurikuler
- Pengembangan Silabus dan RPP
|
- Program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
- Aspek penentuan KKM
- Pembuatan pengembangan silabus
- Pembuatan RPP per mata pelajaran
|
2
| Standar Proses |
- Lima mata pelajaran memiliki RPP
- Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
- Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah pembelajaran
- Supervisi kelas
- Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan
|
- Tiga mata pelajaran
- Pengadaan buku tesk siswa belum sebanding
- Menggunakan buku sumber di Perpustakaan
- Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
- Perekrutan guru dalam pelatihan di KKG
|
3
| Standar Kompetensi Lulusan |
- Siswa lulus diatas KKM
- Ketersediaan bahan ajar
- Penegakan tata tertib sekolah
- Pembiasaan hidup bersih dan sehat
- Ibadah shalat berjamaah
- Latihan tilawah Qur’an
|
- Majalah dinding
- Mengikuti lomba Mapsi tingkat kecamatan
|
4
| Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |
- Pendidik latar belakang S1
- Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan (FKIP)
- Guru memiliki kompetensi paedagogik, kepribadian, manajerial, supervisi
- Guru memiliki SK pengangkatan GTT, GTY, DPK
- Kepala Sekolah pendidikan terakhir S1
- Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 99 %
- Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
- Memiliki penjaga sekolah
|
- Guru yang belum S1 melanjutkan kejenjang S1
- Merencanakan program supervisi akademik secara kontinyu
|
5
| Standar Sarana dan prasarana |
- Sekolah berada di Lokasi yang aman
- Struktur bangunan stabil dan kokoh
- Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
- Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
- Instalansi listrik 2500 watt
- Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
- Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah, UKS, WC, dan gudang
- Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas
- Rasio buku teks 1 buku satu siswa yang dimiliki yaitu : Matematika, PPKN, IPS, Bahasa Indonesia, dan Agama (milik sekolah)
- Sekolah baru memiliki 4 mata pelajaran yang ditetapkan oleh Diknas (Buku BSE), ruang kepala sekolah, dan guru sesuai ketentuan
- Memiliki Lap IPA dalam almari
- Memiliki sarana olahraga, alat musik untuk siswa, pengeras suara, dan tape recorder
|
- Belum memiliki IMB
- Sarana kelas perlu dilengkapi (papan pajangan, rak hasil karya siswa)
- Mengusahakan untuk buku IPA
- Melengkapi sarana ruang perpustakaan
|
6
| Standar Pengelolaan |
- Sekolah memiliki visi dan misi
- Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
- Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, dan rencana kerja tahunan
- Sekolah memiliki struktur organisasi
- Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
- Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi
- Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
- Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
- Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
- Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
|
- Memberdayagunakan terhadap alumni
- Pemberdayaan bimbingan dan layanan
- Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi
- Merencanakan penggalian sumber dana peran serta masyarakat
- Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan tentang Teknologi Informatika (TI)
|
7
| Standar Pembiayaan |
- Kerjasama dengan wali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana
- Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
- Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
- Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80% dari jumlah siswa
- Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien, dan akuntabel
|
- Peningkatan honor atau gaji guru
- Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
- Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
- Sekolah mengajukan BSM lewat jalur Dikpora
|
8
| Penilaian Pendidikan |
- Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
- Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan portofolio
- Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk panitia
- Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
- Rata-rata kelulusan diatas KKM
- Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang lulus
|
- Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
- Setiap tahun peningkatan KKM
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar