Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanaan Kurikulum berdasarkan KTSP
  2. Melibatkan TIM penyusun KTSP
  3. Pengaturan beban belajar
  4. Penentuan KKM
  5. Penyusunan Kalender Pendidikan
  6. Mata Pelajaran Muatan Lokal
  7. Kegiatan Ekstrakurikuler
  8. Pengembangan Silabus dan RPP
  1. Program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
  2. Aspek penentuan KKM
  3. Pembuatan pengembangan silabus
  4. Pembuatan RPP per mata pelajaran
2
Standar Proses
  1. Lima mata pelajaran memiliki RPP
  2. Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah pembelajaran
  4. Supervisi kelas
  5. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan
  1. Tiga mata pelajaran
  2. Pengadaan buku tesk siswa belum sebanding
  3. Menggunakan buku sumber di Perpustakaan
  4. Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
  5. Perekrutan guru dalam pelatihan di KKG
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus diatas KKM
  2. Ketersediaan bahan ajar
  3. Penegakan tata tertib sekolah
  4. Pembiasaan hidup bersih dan sehat
  5. Ibadah shalat berjamaah
  6. Latihan tilawah Qur’an
  1. Majalah dinding
  2. Mengikuti lomba Mapsi tingkat kecamatan
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidik latar belakang S1
  2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan (FKIP)
  3. Guru memiliki kompetensi paedagogik, kepribadian, manajerial, supervisi
  4. Guru memiliki SK pengangkatan GTT, GTY, DPK
  5. Kepala Sekolah pendidikan terakhir S1
  6. Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 99 %
  7. Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
  8. Memiliki penjaga sekolah
  1. Guru yang belum S1 melanjutkan kejenjang S1
  2. Merencanakan program supervisi akademik secara kontinyu
5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada di Lokasi yang aman
  2. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  3. Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
  4. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  5. Instalansi listrik 2500 watt
  6. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
  7. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah, UKS, WC, dan gudang
  8. Ruang kelas sesuai dengan jumlah kelas
  9. Rasio buku teks 1 buku satu siswa yang dimiliki yaitu : Matematika, PPKN, IPS, Bahasa Indonesia, dan Agama (milik sekolah)
  10. Sekolah baru memiliki 4 mata pelajaran yang ditetapkan oleh Diknas (Buku BSE), ruang kepala sekolah, dan guru sesuai ketentuan
  11. Memiliki Lap IPA dalam almari
  12. Memiliki sarana olahraga, alat musik untuk siswa, pengeras suara, dan tape recorder
  1. Belum memiliki IMB
  2. Sarana kelas perlu dilengkapi (papan pajangan, rak hasil karya siswa)
  3. Mengusahakan untuk buku IPA
  4. Melengkapi sarana ruang perpustakaan
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi
  2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, dan rencana kerja tahunan
  4. Sekolah memiliki struktur organisasi
  5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi
  7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
  9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
  10. Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
  1. Memberdayagunakan terhadap alumni
  2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
  3. Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi
  4. Merencanakan penggalian sumber dana peran serta masyarakat
  5. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan tentang Teknologi Informatika (TI)
7
Standar Pembiayaan
  1. Kerjasama dengan wali murid dalam pengadaan sarana dan prasarana
  2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
  3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
  4. Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80% dari jumlah siswa
  5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien, dan akuntabel
  1. Peningkatan honor atau gaji guru
  2. Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
  3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
  4. Sekolah mengajukan BSM lewat jalur Dikpora
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas, dan portofolio
  3. Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk panitia
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
  5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang lulus
  1. Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
  2. Setiap tahun peningkatan KKM


Update : 03/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar